LITERASI BAGI ANAK USIA DINI, DI AJANG CFD PENANGGUNGAN HEBAT

  • Oct 16, 2022
  • FAJRIANSYACH RACHMAN ABADI

Ajang Car Free Day Penanggungan Hebat yang dilaksanakan setiap hari Minggu, mulai pukul 06.00 WIB - 09.00 WIB menjadi wadah pengembangan literasi bagi anak usia dini.

Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari tingkat pengetahuan dan keterampilan seseorang.

 

Budaya literasi terlebih dahulu harus selalu diupayakan oleh orangtua salah satunya dengan mengikuti kegiatan yang dapat mengembangkan potensi anak, sehingga menjadi kebiasaan baik yang akan dilakukab oleh anak-anaknya sejak dini.

Kegiatan bermain dan belajar yang menyenangkan, seperti mewarnai akan memancing kreativitas atas apa yang dilihat menggunakan media gambar tentu semakin menarik minat dan perhatian anak serta dapat memacu literasi anak.

Selain itu, orangtua bisa menstimulus anak dengan mengajak ke acara-acara yang dapat dijadikan ajang rekreasi sekaligus belajar bagi anak.

 

Bermain adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari anak-anak, namun dalam kegiatan bermain perlu diselipkan pembelajaran literasi. Bermain sebagai salah satu kebutuhan dasar pengembangan anak. Kalau kebutuhan bermain belum terpenuhi anak akan kesulitan mencapai perkembangan yang optimal.

 

Anak pada masa usia emas akan sangat bagus untuk diajarkan dan terus dipupuk dalam dunia literasi karena pesatnya perkembangan otak mereka. Salah satunya dengan mwngikuti kwgiatan mewarnai yang ada di acara CFD Penanggungan Hebat pada setiap Minggunya. Oleh sebab itu dibutuhkan peran orangtua untuk selalu membimbing tanpa memaksa agar kelak mereka bisa menjadi generasi yang cerdas.