CAR FREE DAY DESA PENANGGUNGAN

  • Sep 25, 2022
  • FAJRIANSYACH RACHMAN ABADI

Agenda Kegiatan Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor untuk kali kedua yang dilaksanakan oleh pemerintah desa penanggungan, minggu (25/09/2022) dipenuhi masyarakat yang hadir di area Car Free Day yaitu sepanjang ruas jalan Gunungsari, mulai dari pertigaan depan kantor Desa Penanggungan sampai pertigaan jalan ke desa maesan polindes penanggungan.

 

Area tersebut ditutup untuk aktivitas kendaraan bermotor mulai pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB. Penutupan jalan ditandai dengan papan banner yang bertuliskan “Ma’af, pukul 06.00 – 09.00 WIB sementara jalan anda kami gunakan, ada kegiatan masyarakat CAR FREE DAY , Perdes No. 8 Tahun 2022 Desa Penanggungan. Dengan demikian masyarakat pengguna jalan yang akan menuju Dusun Gunungsari harus melewati jalan alternatif yang tidak jauh dari area tersebut. Dari pantauan masyakarat pengguna jalan cukup tertib dan memahami adanya penutupan jalan ini. Ditunjang oleh adanya sosialisasi kepada masyarakat beberapa hari sebelumnya baik secara langsung maupun melalui media sosial.

 

Adapun aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan Car Free day kali ini di isi dengan Senam massal bersama, yang di ikuti oleh sekitar 50 orang dari semua kalangan, baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan. Tampak dalam senam bersama itu para bapak-bapak dan ibu-ibu yang sudah berusia sekitar 45 th ke atas masih bersemangat mengikuti gerakan-gerakan senam yang dipimpin oleh seorang instruktur. Berbeda dengan kalangan tua, peserta senam dari kalangan muda sangat lincah gerakannya memgikuti gerakan senam dari isntruktur.

 

Sedangkan kegiatan yang cukup menarik semua kalangan adalah kegiatan Pasar Rakyat, dimana kegiatan ini di ikuti oleh 31 pelapak yang telah mendaftar sebelum kegiatan dilaksanakan. Mereka menjual segala jenis produk lokal, dengan jenis yang beraneka ragam. Mulai dari jajanan kue-kue basah dan kering, camilan, minuman, jamu dan makanan jadi untuk menu sarapan maupun makan siang. Semua bisa di dapat di acara Car Free Day ini.

 

Selain itu, dalam kegiatan Car Free Day kali ini juga diadakan Lomba mewarnai untuk anak peserta dididik tingkat PAUD dan TK, diikuti oleh 31 anak usia PAUD dan TK. Meraka diantar oleh orang tuanya ke lokasi dan disitu sudah ada guru pembimbing dari lembaganya yang mendampinya masing-masing peserta didik. Gambar yang akan diwarnai disediakan oleh para guru pembimbing dari lembaga masing-masing. Untuk penentuan pemenang ditentukan oleh guru pembimbing masing-masing lembaga. Untuk kali ini pelaksanaan lomba mewarnai berasal dari 2 lembaga yaitu RA Al Falah dan TK PGRI 09 Maesan yang ada di Desa Penanggungan, dan akan dilakukan secara bergilir bagi semua lembaga PAUD/TK yang ada di Desa Penanggungan dalam setiap minggunya.

 

Link YouTube: https://youtu.be/B6gRl996sR4