Desa Penanggungan Kecamatan Maesan, Gelar Musrenbang Tahun Anggaran 2023

  • Sep 30, 2022
  • FAJRIANSYACH RACHMAN ABADI

Bertempat di Pendopo Kantor Desa, hari ini Senin 26-09-2022 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa Penanggungan kecamatan Maesan kabupaten Bondowoso menggelar dan melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang ) Desa dengan tema pembahasan penetapan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa ( RKPDes ) Penanggungan tahun anggaran 2023.

 

Musrenbang desa merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang di adakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah desa dalam jangka waktu satu tahun atau satu periode.

 

Musrenbang ini melibatkan semua komponen masyarakat, pemerintah desa untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya. Dimana rencana pembangunan tersebut nantinya akan dibiayai dari berbagai sumber dana, baik itu ADD, DD, maupun pendapatan asli desa.

 

Turut hadir dalam acara Musrenbang Desa tersebut; Sekcam Maesan Dedi Gusriana, kepala desa Yuni Bagus Mantre beserta perangkat, pendamping kecamatan/desa, babinsa, bhabimkamtibmas, perwakilan OPD setempat, ketua BPD Penanggungan beserta anggota, RT RW serta unsur tokoh lainnya masyarakat desa Penanggungan.

 

Musrenbang tersebut dibuka langsung oleh kades Yuni Bagus Mantre. Dalam sambutannya, menyampaikan, Musrenbang desa ini diadakan untuk menetapkan skala prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2023. Tujuannya, ialah untuk menetapkan arah kebijakan pemerintah desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan atapun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan.

 

" Muswarah desa ini dilakasanakan setahun sekali dengan tujuan menetapkan usulan prioritas pembangunan didesa Penanggungan tahun depan, dengan harapan semoga berjalan dgn baik dan lancar untuk kemajuan desa Penanggungan ", ucapnya.

 

Kades Yuni Bagus Mantre berharap apapun yang ditetapkan menjadi prioritas baik itu pemberdayaan maupun pembangunan desa ditahun 2023 semoga bisa memberikan manfaat secara umum. Dan setelah dilaksanakan / dibangun supaya dijaga, dirawat sehingga bisa bermanfaat berkelanjutan, imbuhnya.

 

Disusul sambutan sekcam Dedi Gusriana, menegaskan bahwa desa penanggungan masuk Desa Mandiri, dari desa lainnya. Baik dari segi pelayanan, maupun ketahanan ekonomi sehingga pastinya anggaran akan ditambah. Dalam musrembang ini, peningkatan pendapatan desa juga ditingkatkan.

 

" Semoga musrembang ini berjalan dengan baik dan menghasilkan musyawarah yang tepat untuk pembangunan desa penanggungan tahun depan", pungkasnya.

 

Kegiatan Musrenbang dilanjutkan dengan penyampaian dan pemaparan laporan hasil kegiatan penyusunan RKPDes 2023 dan DU-RKPDes Tahun 2023 oleh Ketua Tim Penyusun RKPDes. Diantaranya, Bidang ifrastrukstur: usulan pembangunan wisata desa dusun Gunungsari, pembangunan tangkis jalan desa dusun Gunungsari, urusan perumahan dan pemukiman yaitu rehablitasi jalan lingkungan dusun paleran. Peningkatan rehabilitasi jalan poros desa yang kerusakan jalan sedang dan berat di dusun Gunungsari, peningkatan kualitas RTLH dengan alamat desa penanggungan.

 

Acara ditutup dengan penanda tanganan berita acara Musrenbang penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa Penanggungan tahun 2023.